Kapal adalah suatu
kendaraan yang kompleks dimana dia dituntut untuk mampu tetap
beroperasi dan bertahan dengan daya tahan yang tinggi dalam waktu yang
relatif lama dalam lingkungan yang cepat berubah dan menghidupi anak
buah kapal maupun penumpang yang ada di kapal.
Bagaimana ia perasaan kita ketika berada di atas kapal, yang super besar, tentunya sangat menyenangkan sekali.
dibawah ini ada beberapa kapal Terbesar di dunia:
1. Seawist Giant
Seawist Giant adalah kapal terbesar di
dunia yang pernah dibangun hingga saat ini.Seawise Giant dan selanjutnya
Happy Giant, Jahre Viking, dan Knock Nevis, adalah supertanker ULCC dan
kapal terpanjang yang pernah dibangun, dan memiliki bobot ton mati
terbesar yang pernah dicatat.
Seawist Giant dibangun pada tahun 1979
oleh Sumitomo Heavy Industries, Ltd di galangan Oppama mereka di
Yokosuka, Kanagawa, Jepang. Galangan ini terakhir kali digunakan sebagai
gudang penyimpanan terapung dan offloading unit yang (FSO) ditambatkan
di lepas pantai Qatar di Teluk Persia di Lapangan Minyak Shaheen Al.
Kapal dijual kepada seorang broker
India, dan berganti nama dengan Mont untuk perjalanan terakhirnya pada
Desember 2009. Kapal berlayar ke Alang, Gujarat, India untuk
pembongkaran. Seiring menjadi kapal terbesar dunia, Seawist Giant juga
memegang gelar sebagai kapal tanker minyak terbesar yang pernah
dibangun.
Dengan tonase bobot mati hampir besar
564.700 nada dan kecepatan diatas 16 knot, Giant Seawise telah setia
melayani dunia dan berlayar di laut lepas selama 30 tahun mengejutkan
hingga tahun 2009. Seawist Giant juga disebut Ratu lautan dan sungai
dengan panjang mencapai 1.504 kaki yang membuatnya kapal terbesar di
dunia.
2. Pierre Guillaumat Supertanker
Ini adalah kapal terbesar ke-2 yang
pernah dibangun di sejarah umat manusia tapi itu tidak berlangsung cukup
lama seperti yang diharapkan. Pierre Guillaumat merupakan kapal
supertanker yang dibangun pada tahun 1977 oleh Chantiers de l’Atlantique
di Saint-Nazaire untuk perusahaan Compagnie Nationale de Navigasi.
Pierre Guillaumat, yang merupakan kapal ketiga dari supertanker kelas
Batillus (tiga lainnya, sedikit lebih kecil seperti Batillus, Bellamya
dan Prairial), dibedakan sebagai kapal terbesar yang pernah dibangun,
melampaui ukuran Seawise Giant yang dibuat pada tahun 1976, dan kemudian
diperpanjang lagi, meskipun empat kapal dari kelas Batillus mempunyai
bobot kotor tonase yang lebih besar.
Dinamakan seperti politikus Perancis dan
pendiri industri minyak Elf Aquitaine, Pierre Guillaumat, kapal
tersebut selesai dan mulai berlayar pada tahun 1977. Karena tidak
menguntungan, ditambah dengan ukuran kapal yang besar yang tidak
memadai, Guillaumat Pierre ditahan di Fujairah pelabuhan sejak 2
Februari 1983, dan kemudian pada tahun itu, dibeli oleh Hyundai
Corporation, dan diganti dengan nama Ulsan Master, kapal tersebut tiba
di Ulsan, Korea Selatan untuk pembongkaran pada tanggal 19 Oktober 1983.
Karena berukuran raksasa, Guillaumat
Pierre tidak bisa melewati terusan Panama atau Suez. Pierre Guillaumat
berlayar hanya 6 tahun sebelum dibuang karena alasan tidak
menguntungkan. Karena struktur kapal yang besar, sangat sulit bagi
banyak pelabuhan untuk menyediakan parkir. Tonase bobot mati Pierre
Guillaumat hampir 555.000 ton dengan kecepatan maksimal 16 knot. Panjang
Pierre Guillaumat hampir 1.360 kaki.
3. Batillus
Batillus merupakan kapal supertanker
yang dibangun pada tahun 1976 oleh Chantiers de l’Atlantique di
Saint-Nazaire untuk perusahaan minya Perancis,Shell. Ini merupakan kapal
pertama dari supertanker kelas Batillus. Batillus, bersama dengan kapal
sekelasnya, Bellamya, Pierre Guillaumat dan Prairial, adalah salah satu
kapal terbesar di dunia, melampaui dalam hanya ukuran Seawist Giant
yang dibangun dibangun pada tahun 1976, dan diperpanjang pada tahun 1981
, meskipun empat kapal dari kelas Batillus mempunyai tonase kotor yang
lebih besar.
Perjalanan terakhirnya adalah dari
Vestnes menuju Kaoshiung (Taiwan) di mana ia tiba pada tanggal 28
Desember 1985 untuk dibuang. Salah satu alasan utama Batillus tidak
dipakai lagi adalah untuk menghemat biaya dan kurangnya permintaan
pembuatan kapal.Kapasitas bobot mati dari Batillus hampir 554.000 dan
kecepatan kapal besar ini sekitar 16 sampai 17 knot. Panjang Batilluswas
hampir 1.359 kaki.
4. Prairial Supertanker
Prairial merupakan supertanker yang
dibuat pada tahun 1979 oleh Chantiers de l’Atlantique di Saint-Nazaire
untuk perusahaan Compagnie Nationale de Navigasi. Prairial yang
merupakan kapal keempat dan terakhir dari supertanker kelas Batillus
(tiga lainnya adalah Batillus, Bellamya dan Pierre Guillaumat).
Kapal ini memiliki karir lebih dari tiga
puluh tahun, berlayar sampai 2003, meskipun dengan menggunakan nama
yang berbeda: Sea Brilliance (1985), Hellas Fos (1986) and Sea Giant
(1997). Dia juga dibedakan sebagai kapal terbesar ketiga yang pernah
dibangun, melampaui dalam ukuran hanya dengan Raksasa Seawise built-in
tahun 1976 dan kemudian diperpanjang, dan adik nya kapal Pierre
Guillaumat.
Prairial merupakan kapal tanker minyak
yang telah melayani dunia selama hampir 34 tahun dengan mengangkut
minyak mentah dan barang ke seluruh dunia. Dengan kapasitas bobot mati
besar hampir 555.000 ton, Prairial telah menantang banyak badai laut
dalam pelayaran dan melewati tiap rintangan berkali-kali. Panjang
Prairial sekitar 1.359 kaki dan kecepatan hampir 16 knot.
5. Esso Atlantic
Esso Atlantik merupakan salah satu nama
yang bersejarah dan paling populer dalam kategori kapal-kapal besar.
Kapal besar ini telah melayani dunia hampir 35 tahun. Kapal tanker
minyak ini memiliki kapasitas bobot mati hampir 516.000 ton. Panjang
kapal ini besar adalah 1.334 kaki dan kecepatan kapal dapat mencapai 16
knot. Esso Atlantic kemudian tidak dipakai lagi dan dibuang di
Pakistan.
6. Emma Maerskis
Dalam daftar 10 kapal terbesar dunia,
saat ini Emma Maerskis masih beroperasi. Seiring dengan judul ini, Emma
Maersk adalah kapal kontainer pertama di kelas E-delapan yang dimiliki
oleh Grup Moller-Maersk AP. Ketika diluncurkan pada tahun 2006, Emma
Maersk adalah kapal kontainer terbesar yang pernah dibangun.
Pada tahun 2010, ia dan tujuh adik nya
adalah kapal kontainer terpanjang yang pernah dibangun dan kapal-kapal
terpanjang yang sedang digunakan. Setelah kapal terbesar yang pernah
dibangun, Seawise Giant, secara permanen ditambatkan pada tahun 2004 dan
dihapuskan di 2010. Secara umum, Emma Maersk mampu membawa sekitar
11.000 (TEU) atau 14.770 TEU tergantung pada definisi.
Ini adalah kapal kontainer yang membawa
banyak jenis barang dari negara ke negara. Emma Maersk memasuki lautan
pada bulan Agustus 2006 dengan kapasitas tonase bobot mati hampir
159.000 dan kecepatan hampir 26 knot yang membuatnya salah satu kapal
kontainer tercepat di dunia juga. Panjang kapal besar besar adalah 1.305
kaki.
7. TI Class Supertanker
TI Class Supertanker Oceania adalah
salah satu kapal yang paling menarik yang pernah dibangun dengan
kemampuan mengangkut minyak mentahnya. TI Oseania adalah kapal tanker
minyak besar yang masih beroperasi bahkan setelah rutinitas perjalanan
yang sulit selama 9 tahun.
Tonase bobot mati TI Oseania adalah
sekitar 440.000 ton dengan kecepatan antara 16 sampai 18 knot. Kapal TI
Oceanis merupakan masterpiece yang sangat sarat dengan teknologi untuk
semua rintangan yang mungkin terjadi selama perjalanan. Jika Anda
melihat TI Oseania dari langit atau dari jarak jauh, hal pertama yang
terlintas dalam pikiran adalah sebuah es raksasa yang mengambang di atas
air. Panjang TI Oseania adalah 1.246 kaki.
8. Globtik Tokyo
Globtik Tokyo memulai pelayaran pada
bulan Februari 1973 sebagai pelayaran pertamanya. Kapal ini adalah salah
satu kapal tanker minyak terbesar pada masanya dengan panjang 1.243
meter dan tonase bobot mati hampir 484.000 ton dan kecepatan tertinggi
16 sampai 17 knot. Globtik Tokyo telah berkeliling dunia terus menerus
selama 13 tahun berturut-turut sampai akhir hidupnya. Kombinasi merah
dan hitam mewarnai skema pada tubuh Globtik Tokyo, ketika bergerak di
atas air memberikan pandangan yang bagus untuk semua orang, sangat
terlihat indah dan terlihat besar.
9. Jarmada Class
Jarmada kelas mulai beroperasi pada Juli
1975 untuk membawa minyak ke berbagai penjuru dunia. Dengan panjang
1.225 meter dan kecepatan hampir 16 knot, kelas Jarmada telah mencatat
banyak perjalanan yang berhasil
Dengan masa kerja yang panjang hampir 32
tahun, Jarmada kelas berakhir pada tahun 2008. Tonase bobot mati dari
kapal ini adalah 380.000 ton. Jarmada class telah pensiun empat tahun
lalu dan sekarang sedang digunakan sebagai tongkang tangki penyimpanan.
10. MS Vale Brasil
MS Vale Brasil, yang dimiliki oleh
perusahaan tambang asal Brasil, Vale merupakan kapal kargo pembawa hasil
tambang terbesar di dunia .Dirancang untuk membawa bijih besi dari
Brasil ke Asia sepanjang rute sekitar Cape Town, Afrika Selatan,MS Vale
Brasil merupakan kapal pertama dari tujuh kapal dengan mengangkut bijih
besi 400.000 ton diperintahkan oleh Vale dan dipesan oleh Daewoo
Shipbuilding & Marine Engineering di Korea Selatan dan dua belas
perusahaan dari Industries Jiangsu Rongsheng Berat di dekat China.
MS Vale Brasil merupakan kapal kargo
pembawa tambang terbesar dengan dengan panjang 1.188 meter dan bobot
kotor hampir 199.000 ton. Vale Brasil memulai pelayaran perdananya pada
bulan Mei 2011 dan sejak saat itu memulai perjalanan untuk mentransfer
bahan kargo dari satu negara ke negara lain. Dengan kecepatan maksimum
14,9 knot, Vale Brasil dapat membawa angkutan hingga hampir 400.000 ton.
Vale Brasil juga salah satu operator pembawa kargo barang terbesar di
dunia dalam membawa bijih besi..
wauuu besar banget sob...! btw alexanya cepat jg mengecil ya.., wussss *smile
BalasHapusia Gan sangat besar sekali memang. pastinya sangat bahagia sekali kalo kita berada di atas kapal tersebut.
Hapusmengenai Alexa, aku juga tidak tau knapa cepat sekali mengecil, mungkin salah satunya dari rajin blogwalking aja Gan
terimakasih sukses selalu Gan.
wah keren sob.. besar2
BalasHapusThx infonya sob.. :)
ia Gan, dengan melihat saja cukup besar sekali, bagaimana kalo kita menaiki nya ia???
Hapusterimakasih Gan atas apresiasinya, sukses selalu Gan.
wah kapalnya super jumbo ya sob, kw di masukin sapi mungkin pasti muat banyak tuh, heehheheh :)
BalasHapusia Gan kalo dimasukin sapi mungin muat kalo 1000 ekaor Gan, bisa juga lebih,heee
Hapusterimakasih Gan apresiasinya, sukses selalu.
Semuanya keren2 sob. . .
BalasHapusia Gan sangat kreen juga besar.
Hapusterimakasih Gan apresiasinya, sukses selalu.
gila ...
BalasHapusKeren tu kapal ....
Berapa lama ya mengerjakan & menyelasaikan kapal2 sebesar itu ...
Good Post Buddy :D
Wah pastinya sangat lama sekali Gan,heee
Hapusterimakasih Gan tas apresiasinya, sukses selalu.
wah dari gambarnya ga kebayang segede apa tuh kapal sob, luar biasa
BalasHapuspastinya sangat luar biasa Gan besar kapal tersebut.
Hapusterimakasih Gan atas semua apresiasinya, sukses selalu Gan.
besarnya eheee
BalasHapussangat besar Gan ,heeee
Hapusterimakasih Gan, sukses selalu.
pagi ..
BalasHapusselamat pagi kembali Kawan.
Hapusterimakasih sukses selalu kawan.