Home » » Kapal Tanker,kontainer Terbesar

Kapal Tanker,kontainer Terbesar

Kapal adalah suatu kendaraan yang kompleks dimana  dia dituntut untuk mampu tetap beroperasi dan bertahan dengan daya tahan yang tinggi dalam waktu yang relatif lama dalam lingkungan yang cepat berubah dan  menghidupi anak buah kapal maupun penumpang yang ada di kapal.
Bagaimana ia perasaan kita ketika berada di atas kapal, yang super besar, tentunya sangat menyenangkan sekali.
dibawah ini ada beberapa kapal Terbesar di dunia:


1. Seawist Giant
Seawist Giant adalah kapal terbesar di dunia yang pernah dibangun hingga saat ini.Seawise Giant dan selanjutnya Happy Giant, Jahre Viking, dan Knock Nevis, adalah supertanker ULCC dan kapal terpanjang yang pernah dibangun, dan memiliki bobot ton mati terbesar yang pernah dicatat.
Seawist Giant dibangun pada tahun 1979 oleh Sumitomo Heavy Industries, Ltd di galangan Oppama mereka di Yokosuka, Kanagawa, Jepang. Galangan ini terakhir kali digunakan sebagai gudang penyimpanan terapung dan offloading unit yang (FSO) ditambatkan di lepas pantai Qatar di Teluk Persia di Lapangan Minyak Shaheen Al.
Kapal dijual kepada seorang broker India, dan berganti nama dengan Mont untuk perjalanan terakhirnya pada Desember 2009. Kapal berlayar ke Alang, Gujarat, India untuk pembongkaran. Seiring menjadi kapal terbesar dunia, Seawist Giant  juga memegang gelar sebagai kapal tanker minyak terbesar yang pernah dibangun.
Dengan tonase bobot mati hampir besar 564.700 nada dan kecepatan diatas 16 knot, Giant Seawise telah setia melayani dunia dan berlayar di laut lepas selama  30 tahun mengejutkan hingga tahun 2009. Seawist Giant juga disebut Ratu lautan dan sungai dengan panjang mencapai 1.504 kaki yang membuatnya kapal terbesar di dunia.
2. Pierre Guillaumat Supertanker
Ini adalah kapal terbesar ke-2 yang pernah dibangun di sejarah umat manusia tapi itu tidak berlangsung cukup lama seperti yang diharapkan. Pierre Guillaumat merupakan kapal supertanker yang dibangun pada tahun 1977 oleh Chantiers de l’Atlantique di Saint-Nazaire untuk perusahaan Compagnie Nationale de Navigasi. Pierre Guillaumat, yang merupakan kapal ketiga dari supertanker kelas Batillus (tiga lainnya, sedikit lebih kecil seperti Batillus, Bellamya dan Prairial), dibedakan sebagai kapal terbesar yang pernah dibangun, melampaui ukuran Seawise Giant yang dibuat pada tahun 1976, dan kemudian diperpanjang lagi, meskipun empat kapal dari kelas Batillus mempunyai bobot kotor tonase yang lebih besar.
Dinamakan seperti politikus Perancis dan pendiri industri minyak Elf Aquitaine, Pierre Guillaumat, kapal tersebut selesai dan mulai berlayar pada tahun 1977. Karena tidak menguntungan, ditambah dengan ukuran kapal yang besar yang tidak memadai, Guillaumat Pierre ditahan di Fujairah pelabuhan sejak 2 Februari 1983, dan kemudian pada tahun itu, dibeli oleh Hyundai Corporation, dan diganti dengan nama Ulsan Master, kapal tersebut tiba di Ulsan, Korea Selatan untuk pembongkaran pada tanggal 19 Oktober 1983.
Karena berukuran raksasa, Guillaumat Pierre  tidak bisa melewati terusan Panama atau Suez. Pierre Guillaumat berlayar hanya 6 tahun sebelum dibuang karena alasan tidak menguntungkan. Karena struktur kapal yang besar, sangat sulit bagi banyak pelabuhan untuk menyediakan parkir. Tonase bobot mati Pierre Guillaumat hampir 555.000 ton dengan kecepatan maksimal 16 knot. Panjang Pierre Guillaumat hampir 1.360 kaki.
3. Batillus
Batillus merupakan kapal supertanker yang dibangun pada tahun 1976 oleh Chantiers de l’Atlantique di Saint-Nazaire untuk perusahaan minya Perancis,Shell. Ini merupakan kapal pertama dari supertanker kelas Batillus. Batillus, bersama dengan kapal sekelasnya, Bellamya, Pierre Guillaumat dan Prairial, adalah salah satu kapal terbesar di dunia, melampaui dalam hanya ukuran Seawist Giant yang dibangun dibangun pada tahun 1976, dan diperpanjang pada tahun 1981 , meskipun empat kapal dari kelas Batillus mempunyai tonase kotor yang lebih besar.
Perjalanan terakhirnya adalah dari Vestnes menuju Kaoshiung (Taiwan) di mana ia tiba pada tanggal 28 Desember 1985 untuk dibuang. Salah satu alasan utama  Batillus tidak dipakai lagi adalah untuk menghemat biaya dan kurangnya permintaan pembuatan kapal.Kapasitas bobot mati dari Batillus hampir 554.000 dan kecepatan kapal besar ini sekitar 16 sampai 17 knot. Panjang Batilluswas hampir 1.359 kaki.
4. Prairial Supertanker
Prairial merupakan supertanker yang dibuat  pada tahun 1979 oleh Chantiers de l’Atlantique di Saint-Nazaire untuk perusahaan Compagnie Nationale de Navigasi. Prairial yang merupakan kapal keempat dan terakhir dari supertanker kelas Batillus (tiga lainnya adalah Batillus, Bellamya dan Pierre Guillaumat).
Kapal ini memiliki karir lebih dari tiga puluh tahun, berlayar sampai 2003, meskipun dengan menggunakan nama yang berbeda:  Sea Brilliance (1985), Hellas Fos (1986) and Sea Giant (1997). Dia juga dibedakan sebagai kapal terbesar ketiga yang pernah dibangun, melampaui dalam ukuran hanya dengan Raksasa Seawise built-in tahun 1976 dan kemudian diperpanjang, dan adik nya kapal Pierre Guillaumat.
Prairial merupakan kapal tanker minyak yang telah melayani dunia selama hampir 34 tahun dengan mengangkut minyak mentah dan barang ke seluruh dunia. Dengan kapasitas bobot mati besar hampir 555.000 ton, Prairial telah menantang banyak badai laut dalam pelayaran dan melewati tiap rintangan berkali-kali. Panjang Prairial sekitar  1.359 kaki dan kecepatan hampir 16 knot.
5. Esso Atlantic
Esso Atlantik merupakan salah satu nama yang bersejarah dan paling populer dalam kategori kapal-kapal besar. Kapal besar ini telah melayani dunia hampir 35 tahun. Kapal tanker minyak ini memiliki kapasitas bobot mati hampir 516.000 ton. Panjang kapal ini besar adalah 1.334 kaki dan kecepatan kapal dapat mencapai  16 knot. Esso Atlantic kemudian tidak dipakai lagi dan dibuang di Pakistan.
6. Emma Maerskis
Dalam daftar 10 kapal terbesar dunia, saat ini Emma Maerskis masih beroperasi. Seiring dengan judul ini, Emma Maersk adalah kapal kontainer pertama di kelas E-delapan yang dimiliki oleh Grup Moller-Maersk AP. Ketika diluncurkan pada tahun 2006, Emma Maersk adalah kapal kontainer terbesar yang pernah dibangun.
Pada tahun 2010, ia dan tujuh adik nya adalah kapal kontainer terpanjang yang pernah dibangun dan kapal-kapal terpanjang yang sedang digunakan. Setelah kapal terbesar yang pernah dibangun, Seawise Giant, secara permanen ditambatkan pada tahun 2004 dan dihapuskan di 2010. Secara umum, Emma Maersk mampu membawa sekitar 11.000  (TEU) atau 14.770 TEU tergantung pada definisi.
Ini adalah kapal kontainer yang membawa banyak jenis barang dari negara ke negara. Emma Maersk memasuki lautan pada bulan Agustus 2006 dengan kapasitas tonase bobot mati hampir 159.000 dan kecepatan hampir 26 knot yang membuatnya salah satu kapal kontainer tercepat di dunia juga. Panjang kapal besar besar adalah 1.305 kaki.
7. TI Class Supertanker
TI Class Supertanker Oceania adalah salah satu kapal yang paling menarik yang pernah dibangun dengan kemampuan mengangkut minyak mentahnya. TI Oseania adalah kapal tanker minyak besar yang masih beroperasi bahkan setelah rutinitas perjalanan yang sulit selama 9 tahun.
Tonase bobot mati TI Oseania adalah sekitar 440.000 ton dengan kecepatan  antara 16 sampai 18 knot. Kapal TI Oceanis merupakan masterpiece yang sangat sarat dengan teknologi untuk semua rintangan yang mungkin terjadi selama perjalanan. Jika Anda melihat TI Oseania dari langit atau dari jarak jauh, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah sebuah es raksasa yang mengambang di atas air. Panjang TI Oseania adalah 1.246 kaki.
8. Globtik Tokyo
Globtik Tokyo memulai pelayaran pada bulan Februari 1973 sebagai pelayaran pertamanya. Kapal ini adalah salah satu kapal tanker minyak terbesar pada masanya dengan panjang 1.243 meter dan tonase bobot mati hampir 484.000 ton dan kecepatan tertinggi 16 sampai 17 knot. Globtik Tokyo telah berkeliling dunia terus menerus selama 13 tahun berturut-turut sampai akhir hidupnya. Kombinasi merah dan hitam mewarnai skema pada tubuh Globtik Tokyo, ketika bergerak di atas air memberikan pandangan yang bagus untuk semua orang, sangat terlihat indah dan terlihat besar.
9. Jarmada Class
Jarmada kelas mulai beroperasi pada Juli 1975 untuk membawa minyak ke berbagai penjuru dunia. Dengan panjang 1.225 meter dan kecepatan hampir 16 knot, kelas Jarmada telah mencatat banyak perjalanan yang berhasil
Dengan masa kerja yang panjang hampir 32 tahun, Jarmada kelas berakhir pada tahun 2008. Tonase bobot mati dari kapal ini adalah 380.000 ton. Jarmada class telah pensiun empat  tahun lalu dan sekarang sedang digunakan sebagai tongkang tangki penyimpanan.
10. MS Vale Brasil
MS Vale Brasil, yang dimiliki oleh perusahaan tambang asal Brasil, Vale merupakan kapal kargo pembawa hasil tambang terbesar di dunia .Dirancang untuk membawa bijih besi dari Brasil ke Asia sepanjang rute sekitar Cape Town, Afrika Selatan,MS Vale Brasil merupakan kapal pertama dari tujuh kapal dengan mengangkut bijih besi 400.000 ton diperintahkan oleh Vale dan dipesan oleh  Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering di Korea Selatan dan dua belas perusahaan dari Industries Jiangsu Rongsheng Berat di dekat China.
MS Vale Brasil merupakan kapal kargo pembawa tambang terbesar dengan  dengan panjang 1.188 meter dan bobot kotor hampir 199.000 ton. Vale Brasil memulai pelayaran perdananya pada bulan Mei 2011 dan sejak saat itu memulai perjalanan untuk mentransfer bahan kargo dari satu negara ke negara lain.  Dengan kecepatan maksimum 14,9 knot, Vale Brasil dapat membawa angkutan hingga hampir 400.000 ton. Vale Brasil juga salah satu operator pembawa kargo barang terbesar di dunia dalam membawa bijih besi..
Share this article :

16 komentar:

  1. wauuu besar banget sob...! btw alexanya cepat jg mengecil ya.., wussss *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia Gan sangat besar sekali memang. pastinya sangat bahagia sekali kalo kita berada di atas kapal tersebut.
      mengenai Alexa, aku juga tidak tau knapa cepat sekali mengecil, mungkin salah satunya dari rajin blogwalking aja Gan
      terimakasih sukses selalu Gan.

      Hapus
  2. wah keren sob.. besar2
    Thx infonya sob.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia Gan, dengan melihat saja cukup besar sekali, bagaimana kalo kita menaiki nya ia???
      terimakasih Gan atas apresiasinya, sukses selalu Gan.

      Hapus
  3. wah kapalnya super jumbo ya sob, kw di masukin sapi mungkin pasti muat banyak tuh, heehheheh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia Gan kalo dimasukin sapi mungin muat kalo 1000 ekaor Gan, bisa juga lebih,heee
      terimakasih Gan apresiasinya, sukses selalu.

      Hapus
  4. Semuanya keren2 sob. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia Gan sangat kreen juga besar.
      terimakasih Gan apresiasinya, sukses selalu.

      Hapus
  5. gila ...
    Keren tu kapal ....

    Berapa lama ya mengerjakan & menyelasaikan kapal2 sebesar itu ...

    Good Post Buddy :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pastinya sangat lama sekali Gan,heee
      terimakasih Gan tas apresiasinya, sukses selalu.

      Hapus
  6. wah dari gambarnya ga kebayang segede apa tuh kapal sob, luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya sangat luar biasa Gan besar kapal tersebut.
      terimakasih Gan atas semua apresiasinya, sukses selalu Gan.

      Hapus
  7. Balasan
    1. sangat besar Gan ,heeee
      terimakasih Gan, sukses selalu.

      Hapus
  8. Balasan
    1. selamat pagi kembali Kawan.
      terimakasih sukses selalu kawan.

      Hapus

Kepada Kawan - Kawan Semua, Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Jika ada Embel - Embel Link mohon maaf, komentar akan saya hapus.


 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Net- Blog ™ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger